Minggu, 26 Februari 2012

misteri atlantis

Kita telah mengenal Atlantis yang legendaris sejak lama. Selain menarik minat para arkeolog dan penjelajah, Atlantis juga menarik perhatian para panganut new age, ufolog hingga nazi Jerman. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa bangsa Atlantis adalah sekelompok ras super keturunan alien yang memiliki teknologi tinggi. Tapi ngomong-ngomong, berapa banyak dari kalian yang pernah membaca buku Timaeus dan Critias tulisan Plato ? Selalu ada perdebatan apakah Atlantis yang dideskripsikan oleh Plato merupakan sebuah fiksi atau kenyataan. Saya sama sekali tidak kesulitan untuk menerima teori bahwa Atlantis adalah sebuah bangsa yang benar-benar ada dalam sejarah. Namun sepertinya saya mengalami kesulitan untuk menerima teori yang mengatakan bahwa Atlantis adalah negeri para dewa, Ras super keturunan alien dengan teknologi super tinggi, atau teori para penganut new age yang menganggap Atlantis sebagai sebuah benua mistik yang memiliki peranan signifikan dalam kehidupan umat manusia.

Hitler bahkan percaya bahwa bangsa Arya adalah keturunan langsung dari Atlantis yang membuat ia memerintahkan pencarian benua ini.



Jadi saya memutuskan untuk membaca langsung dari sumber legenda Atlantis, yaitu Timaeus dan Critias karangan Plato yang ditulis pada tahun 347 SM. Tentu saja kalian tahu bahwa manusia cenderung membesar-besarkan sesuatu. benar kan ? Jadi saya harus mencari tahu sendiri apa yang dikatakan Plato mengenai Atlantis.

Dan saya tidak menemukan satupun deskripsi yang mengindikasikan bahwa ras Atlantis adalah ras super keturunan alien dengan teknologi super tinggi. Teknologi dan kemampuan yang dideskripsikan Plato mengenai Atlantis sebenarnya sama saja dengan teknologi yang dimiliki oleh bangsa purba lainnya seperti Yunani, Cina dan Mesir. Bahkan, dalam tulisan Plato disebutkan bahwa Bangsa Atlantis kalah berperang dengan Yunani (Saya percaya kalian belum pernah mendengar soal ini).

Mungkin yang membuat orang berpikir bahwa mereka keturunan alien adalah karena Plato menyatakan bahwa bangsa Atlantis berasal dari keturunan Poseidon, Dewa Samudera Yunani (ini berlaku bagi mereka yang mempercayai teori bahwa dewa-dewa masa purba adalah alien).

Tapi menariknya, jika kita meneliti kisah-kisah legenda masa purba dari Cina kuno, Sumeria, Mesir, Yunani dan bahkan Indonesia, kita juga akan menemukan legenda yang menceritakan bahwa mereka adalah keturunan langsung para Dewa. Jadi saya menganggap, Legenda Atlantis tidak jauh berbeda dengan legenda suku bangsa lainnya. (Maaf untuk penggemar Atlantis)

Tapi ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari kisah Atlantis. Dan bagi yang belum mengetahuinya, di bawah ini saya sertakan deskripsi singkat mengenai Atlantis.

Potongan-potongan kalimat ini saya terjemahkan dari Timaeus dan Critias versi Inggris terjemahan Benjamin Jowett. Kalian juga dapat mendownloadnya sendiri dengan mengklik link sumber di akhir tulisan ini.

Timaeus dan Critias adalah sebuah buku yang ditulis dalam rupa dialog yang terjadi antara Timaeus, Critias, Hermocrates dan Socrates. Dalam buku itu, kisah Atlantis diceritakan oleh Critias yang mendengar kisah itu dari kakeknya yang juga bernama Critias. Sedangkan Critias (sang kakek) mendengarnya dari Solon. Dan Solon mendengarnya dari para pendeta Mesir.

Timaeus hanya sedikit menyinggung soal Atlantis. Sedangkan Critias lebih banyak mendeskripsikan Atlantis. Namun, Critias sepertinya belum diselesaikan oleh Plato sehingga kita hanya mendapat sepenggal kisah Atlantis. Tapi paling tidak cukup untuk mengambil pelajaran dari bangsa yang luar biasa ini.

Lokasi Atlantis
"Kekuatan ini datang dari samudera Atlantik. Pada waktu itu, samudera Atlantik dapat dilayari dan ada sebuah pulau yang terletak di hadapan selat yang engkau sebut pilar-pilar Herkules. Pulau itu lebih luas dibandingkan dengan gabungan Libya dan Asia dan pilar-pilar ini juga merupakan pintu masuk ke pulau-pulau lain di sekitarnya, dan dari pulau-pulau itu engkau dapat sampai ke seluruh benua yang menjadi pembatas laut Atlantik. Laut yang ada di dalam pilar-pilar Herkules hanyalah seperti sebuah pelabuhan yang memiliki pintu masuk sempit. Namun laut yang di luarnya adalah laut yang sesungguhnya, dan benua yang mengelilinginya dapat disebut benua tanpa batas. Di wilayah Atlantis ini, ada sebuah kerajaan besar yang memerintah keseluruhan pulau dan pulau lain disekitarnya serta sebagian wilayah di benua lainnya" (Timaeus)

Asal mula bangsa Atlantis
"Sebelumnya aku telah berbicara mengenai pembagian wilayah yang diadakan bagi para dewa dan bagaimana mereka tersebar ke seluruh dunia dalam proporsi yang berbeda-beda. Dan Poseidon, menerima bagiannya, yaitu pulau Atlantis." (Critias)



"Di tengah-tengah pulau itu ada sebuah dataran yang dianggap terbaik dan memiliki tanah yang subur. Di situ ada sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi di masing sisi-sisinya. Di gunung itu tinggal seorang pria fana bernama Evenor yang memiliki seorang istri bernama Leucippe. Mereka memiliki satu anak perempuan bernama Cleito. Ketika Cleito telah dewasa, ayah dan ibunya meninggal dunia. Poseidon jatuh cinta dan bersetubuh dengannya." (Critias)

Karakteristik Tanah Atlantis
"Poseidon lalu memecahkan tanah di sekitar bukit tempat tinggal Cleito sehingga bukit itu terpisah dari dataran lain. Bukit itu sekarang dikelilingi oleh laut yang berbentuk lingkaran. Poseidon membuat dua bagian daratan seperti ini sehingga jumlahnya menjadi dua daratan yang dikelilingi tiga wilayah perairan." (Critias)



"Masing-masing daratan memiliki sirkumferen yang berjarak sama dari tengah pulau tersebut. Jadi tidak ada satu orang dan satu kapalpun yang dapat mencapai pulau itu. Poseidon lalu membuat dua mata air di tengah-tengah pulau, satu air hangat dan satu lagi air dingin. ia juga membuat berbagai macam makanan muncul dari tanah yang subur." (Critias)

Nenek Moyang bangsa Atlantis
"Poseidon dan Cleito memiliki lima pasang anak kembar laki-laki. Ia lalu membagi pulau Atlantis menjadi sepuluh bagian. Ia memberikan kepada anak tertua dari pasangan kembar pertama tempat kediaman ibu mereka dan wilayah yang mengelilinginya yang merupakan tanah terluas dan terbaik. Ia juga menjadikannya raja atas saudara-saudaranya. Poseidon memberi nama anak itu Atlas. Dan karenanya seluruh pulau dan samudera itu disebut Atlantik." (Critias)

Kemakmuran Bangsa Atlantis
"Tanah Atlantis adalah tanah yang terbaik di dunia dan karenanya mampu menampung pasukan dalam jumlah besar." (Critias)

"Tanah itu juga mendapatkan keuntungan dari curah hujan tahunan, memiliki persediaan yang melimpah di semua tempat." (Critias)

"Orichalcum bisa digali di banyak wilayah di pulau itu. Pada masa itu Orichalcum lebih berharga dibanding benda berharga apapun, kecuali emas. Di pulau itu juga banyak terdapat kayu untuk pekerjaan para tukang kayu dan cukup banyak persediaan untuk hewan-hewan ternak ataupun hewan liar, yang hidup di sungai ataupun darat, yang hidup di gunung ataupun dataran. Bahkan di pulau itu juga terdapat banyak gajah" (Critias)

Struktur Masyarakat Atlantis
"Pada masa itu, wilayah Atlantis didiami oleh berbagai kelas masyarakat. Ada tukang batu, tukang kayu, ada suami-suami dan para prajurit. Bagi para prajurit, mereka mendapat wilayah sendiri dan semua keperluan untuk kehidupan dan pendidikan disediakan dengan berlimpah. Mereka tidak pernah menganggap bahwa kepunyaan mereka adalah milik mereka sendiri. Mereka menganggapnya sebagai kepunyaan bersama. Mereka juga tidak pernah menuntut makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan." (Critias)

"Para prajurit ini tinggal di sekitar kuil Athena dan Hephaestus di puncak bukit. Di tempat itu mereka kemudian membuat pagar untuk melindungi tempat itu. Di sebelah utara, mereka membangun ruangan untuk makan di musim dingin dan membuat bangunan-bangunan yang dapat digunakan untuk kebutuhan bersama." (Critias)

"Mereka tidak memuja emas dan perak karena bagi mereka, semua itu tidak ada gunanya. mereka juga membangun rumah sederhana dimana anak-anak mereka dapat bertumbuh." (Critias)

'Inilah cara mereka hidup, mereka menjadi penjaga kaum mereka sendiri dan menjadi pemimpin bagi seluruh kaum Helenis yang dengan sukarela menjadi pengikut mereka. Lalu mereka juga menjaga jumlah perempuan dan laki-laki dalam jumlah yang sama untuk berjaga-jaga bila terjadi perang. Dengan cara inilah mereka mengelola wilayah mereka dan seluruh wilayah Hellas dengan adil. Atlantis menjadi sangat termashyur di seluruh Eropa dan Asia karena ketampanan dan kebaikan hati para penduduknya." (Critias)

Teknologi Atlantis
"Mereka membangun kuil, istana dan pelabuhan-pelabuhan. Mereka juga mengatur seluruh wilayah dengan susunan sebagai berikut : pertama mereka membangun jembatan untuk menghubungkan wilayah air dengan daratan yang mengelilingi kota kuno. Lalu membuat jalan dari dan ke arah istana. Mereka membangun istana di tempat kediaman dewa-dewa dan nenek moyang mereka yang terus dipelihara oleh generasi berikutnya. Setiap raja menurunkan kemampuannya yang luar biasa kepada raja berikutnya hingga mereka mampu membangun bangunan yang luar biasa besar dan indah." (Critias)

"Dan mereka membangun sebuah kanal selebar 300 kaki dengan kedalaman 100 kaki dan panjang 50 stadia (9 km). Mereka juga membuat jalan masuk yang cukup besar untuk dilewati bahkan oleh kapal terbesar dan Lewat kanal ini mereka dapat berlayar menuju zona terluar." (Critias)

Kehancuran Pulau Atlantis
"9.000 tahun adalah jumlah tahun yang telah berlangsung sejak perang yang terjadi antara mereka yang berdiam di luar pilar-pilar Herkules dengan mereka yang berdiam di dalamnya. Perang inilah yang akan aku deskripsikan." (Critias)

"Pasukan yang satu dipimpin oleh kota-kota Athena. Di pihak lain, pasukannya dipimpin langsung oleh raja-raja dari Atlantis, yaitu seperti yang telah aku jelaskan, sebuah pulau yang lebih besar dibanding gabungan Libya dan Asia, yang kemudian dihancurkan oleh sebuah gempa bumi dan menjadi tumpukan lumpur yang menjadi penghalang bagi para penjelajah yang berlayar ke bagian samudera yang lain." (Critias)

"Banyak air bah yang telah terjadi selama 9.000 tahun, yaitu jumlah tahun yang telah terjadi ketika aku berbicara. Dan selama waktu itu juga telah terjadi banyak perubahan. Tidak pernah terjadi dalam sejarah begitu banyak akumulasi tanah yang jatuh dari pegunungan di satu wilayah. Namun tanah telah berjatuhan dan menimbun wilayah Atlantis dan menutupinya dari pandangan mata." (Critias)

"Karena hanya dalam semalam, hujan yang luar biasa lebat menyapu bumi dan pada saat yang bersamaan terjadi gempa bumi. Lalu muncul air bah yang menggenang seluruh wilayah." (Critias)

"Namun sesudah itu, muncul gempa bumi dan banjir yang dashyat. Dan dalam satu hari satu malam, semua penduduknya tenggelam ke dalam perut bumi dan pulau Atlantis lenyap ke dalam samudera luas. Dan karena alasan inilah, bagian samudera disana menjadi tidak dapat dilewati dan dijelajahi karena ada tumpukan lumpur yang diakibatkan oleh kehancuran pulau tesebut." (Timaeus)

Penutup - Pelajaran dari Atlantis
"Selama banyak generasi, karakter yang mulia hidup di dalam diri mereka, mereka patuh kepada hukum dan memiliki ketertarikan yang kuat kepada dewa. Mereka memiliki jalan hidup yang baik, menggabungkan kelemahlembutan dengan kebijaksanaan di dalam berbagai aspek kehidupan dan dalam hubungannya dengan sesama." (Critias)

"Mereka tidak mau mengangkat senjata melawan sesamanya, dan mereka akan segera bergegas menolong rajanya ketika ada usaha untuk menggulingkannya. Mereka menolak segala kejahatan dan hanya melakukan kebaikan. Mereka hanya menaruh sedikit perhatian untuk kehidupan mereka sendiri. Mereka menganggap remeh harta benda emas dan perak yang sepertinya hanya menjadi beban bagi mereka." (Critias)

"Bahkan ketika mereka berkelimpahan di dalam kemewahan, mata hati mereka tidak dibutakan olehnya. Mereka sadar bahwa kekayaan mereka akan bertambah oleh perbuatan baik dan persahabatan antara satu dengan yang lain yang juga disertai dengan penghormatan antara sesama. Karakter-karakter semacam itu terus bertumbuh di antara mereka." (Critias)

"Namun, karakter-karakter mulia tersebut mulai memudar dan menjadi terlalu sering dikompromikan. Mereka bercampur dengan sifat-sifat duniawi, dan sifat itu kemudian menjadi pengendali. Karena itu mereka tidak mampu lagi menanggung kekayaan yang mereka miliki. Mereka mulai berperilaku tidak sepantasnya dan mata mereka menjadi rabun karena mereka telah kehilangan harta mereka yang paling berharga." (Critias)

"Zeus, raja para dewa yang memerintah berdasarkan hukum dan mampu melihat perbuatan-perbuatan jahat yang mereka lakukan mulai mencanangkan hukuman bagi ras yang terhormat itu supaya mereka dapat disadarkan dan dimurnikan. Lalu ia mulai mengumpulkan para dewa dari tempat kediaman masing-masing. Setelah mereka semua berkumpul, Zeus berkata : ....." (Critias)

Dan dengan kalimat itulah Critias berakhir, tidak terselesaikan. Jadi kita tidak akan pernah tahu apa yang ingin dikatakan oleh Zeus. Tapi bahkan walaupun buku ini tidak pernah terselesaikan, pengaruhnya terhadap umat manusia jauh lebih besar dibandingkan dengan ribuan buku lainnya

Tips membuat pacar makin sayang


Membuat pacar main sayangTips pacaran sebenarnya tidak selalu bersifat mutlak. Namun setiap hubungan yang di jalin membutuhkan seni serta cara dari masing-masing individu, termasuk bagaimana caranya membuat pacar semakin sayang sama kita. Well, saya emang bukan dokter cinta apalagi orang yang berpengalaman di bidang pacaran. Tapi yang saya tahu adalah, masa muda adalah masa yang paling indah!
Oks, buat kamu yang kepengen cara makin sayang pacar, sebelum menerapkan tips di bawah, sebelumnya satu hal yang harus dimengerti adalah, apakah kamu benar-benar sayang sama si dia? Karena itu adalah prinsip dasar agar kamu bisa menerapkan tips pacaran jadul dan juga umum banget di bawah ini
Jika jawabannya adalah “Iya..”, silahkan teruskan untuk membaca mantra trik agar pacar makin sayang, cinta, lengket, dan pokoknya menjadikan kamu adalah hidupnya.
1. Perhatian.
Sekecil apapun itu, jangan pernah menganggap hal tersebut adalah sepele. Sekedar untuk diketahui, sikap perhatian adalah salah satu faktor utama yang bikin dia sayang sama kamu lho.
2. Pengertian.
Mencoba untuk menjadi orang lain memang terasa tidak nyaman, namun mencoba untuk (minimal sedikit) pengertian justru akan membuat kamu merasa menjadi diri sendiri. Ya, memberikan waktu luang, kesempatan, atau hal yang menurut kamu nggak banget, biasanya itu akan membuat dia salut ke kamu. Mmm contohnya, waktu lagi jalan-jalan, kamu yang pegangin payung. Meskipun rasanya kamu risih pegangin payung, but it’s ok lah. Atau sodorkan sebuah bangku untuknya ketika kamu sedang mencari tempat duduk di cafe, atau dimanapun. Atau bagi si cewek, sesekali buatkan makanan/minuman kesukaan si doi ketika kamu mengetahui bahwa dia memang lagi menginginkannya. Bla..bla..bla…
3. Jadikan dia menjadi yang terpenting!
Bingung juga sih jelasinnya, tapi saya yakin kamu ngerti dari maksud kata di atas. Tetapi cobalah untuk berkaca pada diri kamu sendiri, kamu juga pengen untuk diprioritaskan sama si doi kan? So, do it!
4. Berusaha untuk menjadi seperti keinginannya.
Ketika kamu menjalin sebuah hubungan, sebenarnya kamu harus menerima dia apa adanya. Tetapi yang namanya manusia nggak ada yang sempurna. Nah maka dari itu, setiap hal yang menurut dia nggak suka, cobalah untuk tidak melakukannya. Jika itu terasa sulit, coba untuk merubahnya pelan-pelan. Kalo rasanya juga nggak bisa, jangan lakukan di depannya. dengan begitu, si doi akan merasa bangga karena dia merasa telah memberikan perubahan terhadap diri kamu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Tapi perlu di ingat, ini bukan berarti sifatnya di atur atau mengatur lho ya. Tapi kalau memang kamu sayang sama si dia, saya yakin kamu akan melakukan hal apapun yang menurut kamu masih dalam batasan, apalagi hal yang membuat kamu ke arah yang lebih positif.
5. Berikan surprise!
Memberikan sedikit kado, hadiah, atau kejutan, selain akan membuatnya bahagia, pastinya bakalan romantis. Jangan mencoba untuk menilai dari bentuk atau harga dari kejutan tersebut. Jika menurut kamu kejutan tersebut akan membuatnya senang, berikan! Jika kamu yakin dia memang sayang sama kamu, doi pasti akan menerimanya dengan bangga dan senang hati. Siapa tahu kejutan tersebut bagi si doi adalah kado terindah dari kamu.
6. Selalu ada di setiap waktu.
Sering ketemu kadang bisa menjadi boomerang bagi hubungan kamu, karena biasanya rasa bosan sesekali pasti datang dan mengganggu. Tapi untuk mengatasinya, ya dirasa-rasain aja. Karena rasa itu kamu yang lebih tahu. Cobalah untuk selalu ada ketika senang ataupun susah. Intinya, bagaimana membuat kehadiran kamu adalah saat-saat yang berharga baginya.
Semoga tips di atas membantu, dan.. selamat berjuang pren

cara aktivasi windows7 biar genuine

Awalnya saya pakai windows XP kemudian saya beralih ke windows 7 ultimate karena banyak alasan, salah satu alasan yaaa itu.. masalah driver, driver dan driver :-D
Tapi ada masalah muncul setelah sebulan kemudian. Microsoft bilang kalo windows 7 yang saya punya ternyata tidak asli (gawattt..!!!) dan diberi pesan begini:
Windows7
Build 7600
This copy of Windows is not genuine

ditambah katanya setelah 30 hari tidak bisa dipakai lagi :(
saya baca di kaskus, trus nemu komen di trit yang ngomong kaya beginian: “ketika dulu agan aktivasi, microsoft mencatat bahwa windows7 dengan sn tersebut, diinstal pada komputer dengan spek bla bla bla, sesuai dengan hardware yang agan milki saat itu. nah setelah agan upgrade, trus aktivasi, otomatis kan microsoft akan mencocokkan dengan data yang dia miliki, karena microsoft mendeteksi hardwarenya tidak sesuai dengan data yang dia miliki, nah, karena ga sesuai, makanya dianggap not genuine. kalo ga gitu, kita bisa bebas donk instal windows 7 di komputer mana aja, 1 license bisa di banyak komputer donk”
Wah kacau juga nih kalau begini, awalnya saya mo beli cd asli jadi urung deh, soalnya takut nanti malah kena kasus lagi seperti komen di trit kaskus di atas.
Lhaaa.. malah jadi curhat. ok deh langsung aja.. berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi persoalan di atas bagi yang baru install windows 7 atau yang akan install windows 7 atau yang kasus’nya sama kayak ane :)
  1. Setelah windows 7 diinstall kemudian download tool windows 7 loader di sini.
  2. Ekstrak dan jalankan windows 7 loader.
  3. Silahkan pilih sesuai keinginan. Boleh advanced atau biar gampang biarkan saja dengan default mode.
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog yang menyatakan kalau aktivasi berhasil.
  5. Klik ok untuk Restart.
  6. Selesai.
  7. Saya udah coba dan berhasil.
  8. Saya ga nyaranin untuk updated windows, takut kenapa-kenapa :) kalo saya sendiri sih windows update saya matiin aja, biar aman selamanya.
Skrinsud Cekidot:

configurasi mail server


1) apt-get install postfix squirrelmail courier-imap courier-pop
Create directories for web-based administration : NO
Local only                                                         : OK
General type of mail configuration                      : Internet Site
System mail name                                              : smktkj.co.cc

2) pico /etc/apache2/apache2.conf
# Include the virtual host configurations:
Include /etc/apache2/sites-enabled/
Include /etc/squirrelmail/apache.conf



3) pico /etc/squirrelmail/apache.conf
# users will prefer a simple URL like http://webmail.example.com
#
# DocumentRoot /usr/share/squirrelmail
# ServerName webmail.example.com
#
DocumentRoot /usr/share/squirrelmail
ServerName    mail.smktkj.co.cc

* Jangan ubah / hapus baris yang lainnya.

4) /etc/init.d/apache2  restart
Restarting web server: apache2 ... waiting .

5) Buka browser komputer client dan masukkan url mail.smktkj.co.cc anda akan melihat tampilan ini:






6) maildirmake  /etc/skel/Maildir
7) adduser antok
8) adduser anisa
9) dpkg-reconfigure postfix
 
Local only : OK
General type of mail configuration : Internet Site
System mail name : smktkj.co.cc
Root and postmaster mail recipient : (kosongkan)
Other destinations to accept mail for (blank for none) : 172.16.1.0/26 (tambahan baris terakhir)
Force synchronous updates on mail queue : No
Local networks : 172.16.1.0/26
Use procmail for local delivery : NO
Mailbox size limit (bytes) : 0
Local address extension character : +
Internet protocols to use : ipv4
10) pico /etc/postfix/main.cf
inet_interfaces = all
inet_protocols = ipv4
home_mailbox = Maildir/

* Jangan ubah / hapus baris lainnya.

11) /etc/init.d/postfix  restart
Stopping Postfix Mail Transport Agent : postfix.
Starting Postfix Mail Transport Agent   : postfix.

12) /etc/init.d/courier-imap  restart
Stopping Courier IMAP server : imapd.
Starting Courier IMAP server   : imapd.

14) /etc/init.d/courier-pop  restart
Stopping Courier POP3 server : pop3d.
Starting Courier POP3 server   : pop3d.

15)  Buka Browser PC client anda. Masukkan url "http://mail.smktkj.co.cc" Setelah itu silahkan email2an Jika berhasil maka konfigurasi WebMailserver anda sukses.

Rabu, 18 Januari 2012

10 Fakta 17 Agustus 1945 Yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Posted by PRAM
17 Agustus 1945
Tujuh belas Agustus merupakan hari besar kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut, 64 tahun yang lalu merupakan hari paling bersejarah negeri ini karena di hari itulah merupakan awal dari kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan sekaligus penanda awalnya revolusi. Namun, ada beberapa hal menarik seputar hari kemerdekaan negeri kita tercinta ini yang sayang jika belum Anda ketahui.

1. Soekarno Sakit Saat Proklamirkan Kemerdekaan
Pada 17 Agustus 1945 pukul 08.00 (2 jam sblm pembacaan teks Proklamasi), ternyata Bung Karno masih tidur nyenyak di kamarnya, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini. Dia terkena gejala malaria tertiana. Suhu badannya tinggi dan sangat lelah setelah begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Saat itu, tepat di tengah2 bulan puasa Ramadhan.

'Pating greges', keluh Bung Karno setelah dibangunkan dr Soeharto, dokter kesayangannya. Kemudian darahnya dialiri chinineurethan intramusculair dan menenggak pil brom chinine. Lalu ia tidur lagi. Pukul 09.00, Bung Karno terbangun. Berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta.

Tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah. 'Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!', ujar Bung Karno di hadapan segelintir patriot-patriot sejati. Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera pusaka Merah Putih. Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya; masih meriang. Tapi sebuah revolusi telah dimulai...

2. Upacara Proklamasi Kemerdekaan Dibuat Sangat Sederhana
Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata berlangsung tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan tak ada pancaragam. Tiang bendera pun dibuat dari batang bambu secara kasar, serta ditanam hanya beberapa menit menjelang upacara. Tetapi itulah, kenyataan yang yang terjadi pada sebuah upacara sakral yang dinanti-nanti selama lebih dari 300 tahun!

3. Bendera dari Seprai
Bendera Pusaka Sang Merah Putih adalah bendera resmi pertama bagi RI. Tetapi dari apakah bendera sakral itu dibuat? Warna putihnya dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto!

4. Akbar Tanjung Jadi Menteri Pertama “Orang Indonesia Asli”
Setelah merdeka 43 tahun, Indonesia baru memiliki seorang menteri pertama yang benar-benar 'orang Indonesia asli'. Karena semua menteri sebelumnya lahir sebelum 17 Agustus 1945. Itu berarti, mereka pernah menjadi warga Hindia Belanda dan atau pendudukan Jepang, sebab negara hukum Republik Indonesia memang belum ada saat itu. 'Orang Indonesia asli' pertama yang menjadi menteri adalah Ir Akbar Tanjung (lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 30 Agustus 1945), sebagai Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Pembangunan (1988-1993)

5. Kalimantan Dipimpin 3 Kepala Negara
Menurut Proklamasi 17 Agustus 1945, Kalimantan adalah bagian integral wilayah hukum Indonesia. Kenyataannya, pulau tersebut paling unik di dunia. Di pulau tersebut, ada 3 kepala negara yang memerintah! Presiden Soeharto (memerintah 4 wilayah provinsi), PM Mahathir Mohamad (Sabah dan Serawak) serta Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei).

6. Setting Revolusi di Indonesia Diangkat Ke Film
Ada lagi hubungan erat antara 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, 'Tahun Vivere Perilocoso' (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film - dalam bahasa Inggris; 'The Year of Living Dangerously'. Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan Australia yg ditugaskan di Indonesia pada 1960-an, pada detik2 menjelang peristiwa berdarah th 1965. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing!

7. Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah
Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah! Anehnya, naskah historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan draft proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.Pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.

8. Soekarno Memandikan Penumpang Pesawat dengan Air Seni
Rasa-rasanya di dunia ini, hanya the founding fathers Indonesia yang pernah mandi air seni. Saat pulang dari Dalat (Cipanasnya Saigon), Vietnam, 13 Agustus 1945, Soekarno bersama Bung Hatta, dr Radjiman Wedyodiningrat dan dr Soeharto (dokter pribadi Bung Karno) menumpang pesawat fighter bomber bermotor ganda. Dalam perjalanan, Soekarno ingin sekali buang air kecil, tetapi tak ada tempat. Setelah dipikir, dicari jalan keluarnya untuk hasrat yang tak tertahan itu. Melihat lubang-lubang kecil di dinding pesawat, di situlah Bung Karno melepaskan hajat kecilnya. Karena angin begitu kencang sekali, bersemburlah air seni itu dan membasahi semua penumpang.

9. Negatif Film Foto Kemerdekaan Disimpan Di Bawah Pohon
Berkat kebohongan, peristiwa sakral Proklamasi 17 Agustus 1945 dapat didokumentasikan dan disaksikan oleh kita hingga kini. Saat tentara Jepang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan peristiwa penting tersebut, Frans Mendoer, fotografer yang merekam detik-detik proklamasi, berbohong kepada mereka. Dia bilang tak punya negatif itu dan sudah diserahkan kepada Barisan Pelopor, sebuah gerakan perjuangan. Mendengar jawaban itu, Jepang pun marah besar. Padahal negatif film itu ditanam di bawah sebuah pohon di halaman Kantor harian Asia Raja. Setelah Jepang pergi, negatif itu diafdruk dan dipublikasi secara luas hingga bisa dinikmati sampai sekarang. Bagaimana kalau Mendoer bersikap jujur pada Jepang?

10. Bung Hatta Berbohong Demi Proklamasi
Kali ini, Bung Hatta yang berbohong demi proklamasi. Waktu masa revolusi, Bung Karno memerintahkan Bung Hatta untuk meminta bantuan senjata kepada Jawaharlal Nehru. Cara untuk pergi ke India pun dilakukan secara rahasia. Bung Hatta memakai paspor dengan nama 'Abdullah, co-pilot'. Lalu beliau berangkat dengan pesawat yang dikemudikan Biju Patnaik, seorang industrialis yang kemudian menjadi menteri pada kabinet PM Morarji Desai. Bung Hatta diperlakukan sangat hormat oleh Nehru dan diajak bertemu Mahatma Gandhi.

Nehru adalah kawan lama Hatta sejak 1920-an dan Dandhi mengetahui perjuangan Hatta. Setelah pertemuan, Gandhi diberi tahu oleh Nehru bahwa 'Abdullah' itu adalah Mohammad hatta. Apa reaksi Gandhi? Dia marah besar kepada Nehru, karena tidak diberi tahu yang sebenarnya.'You are a liar !' ujar tokoh kharismatik itu kepada Nehru.

Tips mengatasi hipnotis

Posted by Pram

Berikut ini petunjuk untuk menghindari dan mengatasi kejahatan Hipnotis atau “gendam” :

1. Jangan membiarkan pikiran kosong ketika berada di daerah umum. Pikiran kosong dapat mengakibatkan gerbang telepathic terbuka, sehingga pihak lain dapat dengan mudah menyampaikan pesan secara telepathic.

2. Waspadalah jika tiba-tiba timbul rasa kantuk yang tidak wajar, ada
kemungkinan bahwa seseorang yang bermaksud negatif sedang melakukan “telepathic forcing”.

3. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan “latah”, sebaiknya jangan
bepergian ke tempat umum tanpa teman. Mereka yang mempunyai kebiasaan “latah” cenderung memiliki gerbang bawah sadar yang mudah dibuka paksa dengan bantuan kejutan (Shock Induction). Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang mudah terkejut.

4. Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada beberapa orang yang tidak
dikenal mengerumuni anda untuk suatu alasan yang tidak jelas. Sekali jangan mudah panik ! Karena rasa panik akan mempermudah terbukanya gerbang bawah sadar anda!

5. Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada seseorang yang menepuk bahu
anda ! Usahakan agar pikiran dan panca indera anda tetap aktif ke seluruh lingkungan ! Jangan terfokus pada ucapan-ucapan orang yang menepuk anda ! Segera berpindahlah ke daerah yang lebih ramai !

6. Jika secara tiba-tiba, tanpa alasan yang jelas, dada anda terasa
sesak, dan diikuti dengan perut agak mual, dan kepala sedikit pusing, waspadalah karena mungkin ada seseorang tengah mengerahkan energi gendam ! Segera lakukan “grounding”, yaitu meniatkan membuang seluruh energi negatif ke bumi (cukup visualisasi).

7. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan, segera sibukkan pikiran
anda, agar tetap berada di frekwensi yang mengakibatkan efek Hipnotis tidak dapat bekerja ! Antara lain dengan : berdoa dalam hati, menyanyi dalam hati, atau memikirkan hal-hal yang berat !

8. Jika ternyata anda mulai merasa memasuki suatu “kesadaran berbeda” dari biasanya, mungkin anda sudah mulai terpengaruh oleh Hipnotis. Jika anda merasakan hal ini, maka segera niatkan dalam hati : “Dalam 3 hitungan, saya akan kembali sadar dan normal sepenuhnya ….”, kemudian segera hitung dalam hati : “Satu …, dua, … tiga”.

9.. Akhirnya, tanamkan terus menerus di dalam diri anda, bahwa Hipnotis tidak akan bekerja bagi mereka yang menolaknya ! Hal ini juga berlaku untuk ilmu gendam !

CARA INSTALL WORDPRESS


Jika anda termasuk blogger yang suka utak-atik template Wordpress sambil online, lebih baik segera akhiri kebiasaan anda. Bukan apa-apa. Anda hanya akan membuang-buang uang untuk membayar biaya koneksi. Kecuali jika koneksi internet anda gratis tentunya. ;)
Kita bisa mengerjakannya offline setelah terlebih dahulu menginstal Wordpress ke dalam komputer atau laptop. Memodifikasi template Wordpress offline juga lebih nyaman karena kita tidak terganggu oleh kekhawatiran membengkaknya biaya koneksi. Akhirnya, proses belajar WordPress dan hasil modifikasi pun akan lebih personal dan optimal. Jika sudah dirasa cukup, kita bisa menguploadnya online ke webhosting.
Saya akan berbagi pengalaman saat menginstal Wordpress ke server lokal (komputer/laptop). Ikuti saja langkah-langkah berikut ini jika anda juga ingin melakukannya.

Software yang diperlukan

  1. Software Apache Server. Kita bisa menggunakan PHP Triad, XAMPP, WAMP atau lainnya. Banyak disarankan agar menggunakan software Apache server yang sudah mengadopsi PHP versi 5. Di sini saya akan menggunakan software WAMP5. Jika anda juga ingin menggunakannya, anda bisa mendownloadnya di sini.
  2. Folder instalasi WordPress. Versi terbaru saat ini adalah 2.7. Kita bisa memperolehnya dengan cara download dari Wordpress.org. Pada saat instalasi ini, saya menggunakan WP versi 2.6.
  3. Web Browser. Bisa Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, atau lainnya.
  4. Windows Explorer atau aplikasi sejenisnya.
  5. Aplikasi Text Editor. Notepad juga sudah cukup.

Proses Instalasi ke Local Server

Tahap 1. Instalasi Software WAMP5

  1. Klik file WAMP5 yang telah anda download. Pada screen Welcome to the WAMP5 Setup Wizard, klik Next.
  2. Berikutnya akan ditampilkan screen License Agreement. Klik option «I accept the agreement», lalu klik Next.
  3. Pada Select Destination Location, setup wizard secara default akan menginstal WAMP5 pada folder c:wamp. Anda tidak perlu merubahnya. Klik Next.
  4. install_wp_01
  5. Select Start Menu Folder. Ketikkan nama yang anda inginkan untuk shortcut WAMP5 pada Start Menu. Default yang disediakan adalah WampServer. Jika sudah, klik Next.
  6. install_wp_02
  7. Select Additional Tasks. Checklist pada Auto Start jika anda ingin WAMP5 otomatis dijalankan pada saat anda menyalakan komputer/laptop. Jika anda ingin menjalankannya manual, kosongkan saja option ini. Lanjut.. klik Next.
  8. Berikutnya, Ready to Install. WAMP5 siap untuk diinstal di komputer anda. Klik Install.
  9. install_wp_03
  10. Anda kemudian akan diminta memilih direktori untuk DocumentRoot. Biarkan pilihan ini default, yaitu pada folder C:\wamp\www. Klik OK.
  11. install_wp_04
  12. Pada PHP mail parameters - SMTP server, biarkan nilai default localhost. Klik Next.
  13. Ketikkan alamat email anda pada PHP mail parameters - Default email, lalu klik Next.
  14. Setelah itu anda akan diminta untuk memilih browser yang ingin anda pergunakan. Pada saat saya menginstal, pilihan Explorer (IE) secara otomatis terpilih. Jika anda ingin menggunakan Firefox, pilih file exe untuk aplikasi Firefox di komputer anda. Lalu klik Open.
  15. install_wp_05
  16. Setup completed! Checklist option Launch WAMP5 now dan klik Finish. Perhatikan juga bahwa pada toolbar di bagian kanan bawah akan terdapat icon WAMP5.

Tahap 2. Instalasi Wordpress ke Local Server

Setelah software WAMP5 berhasil terinstal, tahap berikutnya adalah memindahkan file-file WordPress ke dalam komputer kita.
  1. Pertama kali kita harus membuat database untuk Wordpress di phpMyAdmin di local server. Klik icon WAMP5 pada toolbar kanan bawah, lalu pilih phpMyAdmin. Browser akan menampilkan direktori phpMyAdmin pada localhost.
  2. Pada Create New Database, ketikkan nama database yang ingin kita buat, misalnya WP, lalu klik Create. Jika sudah selesai, akan muncul pesan : Database WP has been created.
  3. install_wp_06
  4. Tinggalkan browser kita sebentar dan pindah ke file Wordpress hasil download. Lakukan ekstraksi file zip Wordpress anda. Pada hasil ekstraksi, folder dan file yang diperlukan akan berada dalam folder wordpress. Foldernya antara lain wp-admin, wp-content dan wp-includes. Sementara filenya antara lain index.php, wp-config-sample.php, xmlrpc.php, dan lain-lain.
  5. Cut dan paste folder wordpress beserta isinya tadi ke folder C:\wamp\www. Pastikan bahwa semua folder dan file wordpress sekarang pindah ke C:\wamp\www\wordpress. Ingat, nama folder ini akan menjadi alamat blog anda. Setelah instalasi WordPress selesai, blog anda di local server akan beralamat di http://localhost/wordpress.
  6. Pada folder C:\wamp\www\wordpress, cari file wp-config-sample.php. Klik kanan file ini, kemudian Open With >> Notepad. Kita akan sedikit mengedit file php ini.
  7. install_wp_07
  8. Temukan code berikut :
    1. define('DB_NAME', 'putyourdbnamehere'); // The name of the database
    2. define('DB_USER', 'usernamehere'); // Your MySQL username
    3. define('DB_PASSWORD', 'yourpasswordhere'); // ...and password
    4. define('DB_HOST', 'localhost'); // 99% chance you won't need to change this value
    5. define('DB_CHARSET', 'utf8');
    6. define('DB_COLLATE', '');

    dan ubah sedikit menjadi seperti ini :
    1. define('DB_NAME', 'wp'); // The name of the database
    2. define('DB_USER', 'root'); // Your MySQL username
    3. define('DB_PASSWORD', ''); // ...and password --> password dikosongkan
    4. define('DB_HOST', 'localhost'); // 99% chance you won't need to change this value
    5. define('DB_CHARSET', 'utf8');
    6. define('DB_COLLATE', '');
  9. Sudah, save as hasil edit dengan nama wp-config.php.
  10. Dengan web browser, kita buka http://localhost/wordpress dan kita akan sampai pada page instalasi Wordpress. Isikan blog title ( misal Belajar WordPress ) dan alamat email valid anda, lalu klik Install WordPress.
  11. Success!! Anda akan diberikan username dan password yang di-generate random oleh WordPress untuk anda. PENTING : copas terlebih dahulu username dan password ini ke dalam Notepad atau apa saja. Jika sudah, klik Login.
  12. install_wp_08
  13. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan username dan password untuk login. Masukkan hasil copas username dan password di Notepad tadi, lalu klik Login.
  14. Jika anda berhasil masuk ke Dashboard Wordpress.. Selamat!! Anda berhasil menginstal Wordpress ke komputer anda. Anda bisa mengakses blog Wordpress anda di http://localhost/wordpress.

Mengganti Username dan Password Admin

Anda tentu tidak selera dengan username dan -- terutama -- password yang disediakan random oleh Wordpress tadi. Berikut adalah cara untuk menggantinya sesuai selera anda :
  1. Masih pada ruang admin Wordpress, klik menu Users. Jika anda sudah logout, login kembali ke http://localhost/wordpress/wp-admin dengan username dan password copas di Notepad tadi.
  2. Di bawah Add New User, isikan data sesuai keinginan anda. Ingat, username dan password yang anda buat ini nanti akan anda gunakan untuk login ke dashboard mengganti username dan password yang lama.
  3. Pada field Role, ubah Subscriber menjadi Administrator, lalu klik Add User.
  4. Jika username baru anda sudah terdapat pada list All Users, klik Log Out pada pojok kanan atas dashboard anda.
  5. Login kembali dengan username dan password anda yang baru. Masuk ke menu Users, beri tanda checklist pada username yang lama, lalu klik Delete.
  6. Anda kemudian akan diminta untuk mengkonfimasi. Klik Confirm Deletion.
  7. Selesai. Anda akan melihat username anda yang baru dengan role Administrator.
Pengalaman saya dulu menginstal Wordpress ke komputer/laptop ini hanya sekali proses dan tidak terjadi error. Kemudian, untuk menulis artikel sharing ini, saya lakukan uninstall WAMP5 dan Wordpress, lalu menginstalnya kembali dari awal. Semuanya lancar. Kita hanya perlu teliti pada setiap tahapan prosesnya.